ARTIKEL 1

Awal kuliah pada bulan September 2019, 6 bulan pertama semua berjalan dengan baik. Hingga pandemi membuat kita belajar secara daring, yang menurut saya lebih efektif belajar secara tatap muka. Pada semester 3 saya mulai berfikir untuk berfokus pada satu bahasa pemrograman, saya coba pelajari satu per-satu dari mulai HTML, CSS, PHP, JAVA, hingga KOTLIN. Akhirnya saya memilih untuk berfokus pada Frontend dan mulai mempelajari React, hingga akhirnya saya juga tertarik untuk mendalami UI/UX karena dirasa cocok dengan skill yang saya miliki. Saya ingin jika lulus nanti saya bisa menjadi UI/UX designer yang berkompeten.


Menurut saya perkuliahan secara daring dan tatap muka memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, sebagai contoh kelebihan dari perkuliahan daring yaitu memiliki waktu yang fleksibel sehingga kita dapat mengerjakan tugas secara kapanpun dan dimanapun. Sedangkan kekurangannya adalah jaringan internet kadang tidak stabil dan untuk pemahaman materi, perkuliahan tatap muka masih lebih mudah untuk dipahami karena kita dijelaskan secara langsung oleh pemateri. Sementara kekurangan dari perkuliahan tatap muka adalah pengerjaan tugas tidak bisa fleksibel.